Sabtu, 28 Januari 2012

Cara Mengetahui File Terinfeksi Virus Atau Tidak















Kau tidak mengharapkan lampiran email yang Anda terima. Atau situs web adalah meminta Anda untuk menginstal perangkat lunak yang tidak Anda kenal. Atau seorang teman yang komputer terinfeksi tangan Anda flash drive dengan file dia ingin Anda untuk membuka. Insting Anda benar: Jika Anda tidak yakin tentang sebuah file, tidak men-download atau membukanya sebelum Anda melakukan beberapa pekerjaan detektif. Ini membutuhkan waktu lebih sedikit untuk memeriksa file yang mencurigakan dari itu tidak untuk membersihkan kontaminasi dapat menyebabkan. Panduan ini berisi langkah-langkah untuk melindungi diri sendiri.

Mengandalkan Software Anda




Keamanan perangkat lunak Anda (antivirus atau program anti-malware) yang paling mungkin memiliki kemampuan untuk memeriksa file sebelum Anda membukanya (atau bahkan sebelum Anda mentransfer dari media fisik ke komputer Anda). Berikut adalah cara untuk melakukannya:




1. Tampilan ikon file di jendela.




2. Klik kanan ikon untuk membuka menu kontekstual.




3. Perangkat lunak keamanan Anda mungkin memiliki entri menu file Pindai berlabel atau sesuatu yang serupa. Klik entri untuk memulai scan.




Jika perangkat lunak keamanan Anda tidak menyediakan pilihan menu kontekstual, buka panel kontrol perangkat lunak keamanan dan menavigasi ke bagian pemindaian. Di sini, Anda akan dapat memilih target spesifik (file) untuk memindai (kadang-kadang pilihan ini terdaftar dalam menu Advanced Options).

Penelitian internet




Dalam kasus di mana Anda tidak dapat memindai sebuah file yang dicurigai dengan keamanan perangkat lunak-ketika sebuah situs web mencoba untuk menginstal sesuatu, misalnya-ikuti langkah-langkah:




1. Mengumpulkan rincian sebanyak mungkin mengenai perangkat lunak mencurigakan. Catat nama software serta nama situs web Anda pada saat itu muncul.




2. Cari di Internet untuk nama perangkat lunak yang pertama. Legitimasi dan keamanan dari perangkat lunak biasanya akan menjadi jelas setelah Anda membaca beberapa hasil pertama. Jika masih belum jelas, cari lagi untuk nama dan menambahkan istilah-istilah seperti "malware," "aman," atau "hapus." Juga memeriksa reputasi situs web yang meminta Anda untuk menerima perangkat lunak. Jika Anda tetap tidak yakin, tinggal jauh.




Jauhkan Software Diperbarui




1. Versi terbaru dari browser Web yang mampu download layar, memperingatkan Anda tentang program berbahaya, dan memblokir malware baru ditemukan.




2. Kebanyakan program memindai lampiran email untuk infeksi sebelum Anda men-download mereka. Perhatikan baik-baik proses nya.














Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terkait Lainnya